Dalam ekplorasi konsep ini, ada empat pertanyaan pemantik yang dapat membantu sahabat dalam menjawab seluruh pertanyaan yang tersedia.
Apakah kita bisa menggunakan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset untuk mengelola sumber daya sekolah kita? Bisakah kita mengganti kata komunitas menjadi sekolah, Pendekatan Pengembangan Sekolah Berbasis Aset? Mengapa?
Bisa dilakukan dengan menggunakan pendekatan pengembangan Komunitas Berbasis Aset dalam mengelola sumber daya sekolah kita, dengan menggunakan pendekatan ini mendorong komunitas sekolah untuk memberdayakan Aset yang dimiliki di sekolah dan membangunnya agar lebih tepat guna hal ini akan menciptakan warga sekolah yang aktif dan produktif.
KIta juga bisa mengganti kata komunitas sekolah menjadi Pendekatan Pengembangan Sekolah Berbasis Aset karena komunitas ini merupakan kelompok sosial yang bisa berinteraksi antar individu atau kelompok yang memiliki tujuan yang sama dalam mewujudkan visi dan misi sekolah pendekatan PSBA menekankan pada kemandirian untuk dapat menyelesaikan setiap tantangan yang dihadapi dengan bermodalkan kekuatan sekolah yang dimiliki, kekuatan sekolah akan berbanding lurus dengan tingkat keberagaman unsur sekolah yang ada dan pada tingkat kemampuan dalam diri mereka sendiri hasil yang diharapkan akan lebih berkelanjutan dan bermakna sesuai dengan potensi dan kekuatan sumber daya yang sudah ada
Misalnya saja kita menyusun program sekolah dalam setahun maka dalam penyusunannya kita perlu memperhatikan aset yang dimiliki sekolah untuk bisa mencapai tujuan yang diharapkan, maka kita perlu mempertimbangkan aset manusia seperti jumlah siswa dan jumlah tenaga kependidikan yang sesuai dengan keahliannya, aset sosial yaitu kepercayaan masyarakat terhadap sekolah, aset fisik yang miliki seperti gedung sekolah dan sarana prasarana yang memadai, aset lingkungan yang nyaman dan aman, keuangan yang di dukung dari pemerintah atau masyarakat , aset politik seperti kerjasama dengan Mou yang sudah di terapkan, dan aset agama dan budaya yang ada di lingkungan sekitar sekolah. Kolaborasi dengan semua pemangku kepentingan akan mewujudkan sekolah yang mampu memberdayakan sumber daya manusia yang ada
Bagaimanakah selama ini kita mengelola sumber daya? Apakah sudah menggunakan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset?
Dalam mengelola sumber daya sekolah saya masih belum maksimal dalam menggunakan Pendekatan Pengembangan komunitas berbasis aset seperti tidak memperhatikan kearifan budaya lokal dan karakteristik masyarakat di sekitar sekolah
Jika belum, bagaimana caranya kita mengelola dengan Pendekatan Pengembangan Sekolah Berbasis Aset?
yang perlu dilakukan adalah
1. fokus pada kekuatan aset yang dimiliki
2. mendorong komunitas untuk memberdayakan aset
3. membuat rencana berdasarkan visi dan misi
4. menekankan kemandirian untuk menyelesaikan tantangan dengan potensi dan kekuata yang ada
5. mewujudkan aksi yang sudah direncakan
6. mengevaluasi setiap kegiatan dari program
Tidak ada komentar:
Posting Komentar