Rabu, 11 Mei 2022

3.2.a.4.2. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pembelajaran

 

3.2.a.4.2. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pembelajaran


Number of replies: 0

KASUS 1 

1. Bagaimana Anda melihat kasus Ibu Lilin ini?

Saya melihat kasus Bu Lilin yang cenderung melihat  kondisi siswa dengan berbasis  hal negatif dari siswanya, Bu Lilin beranggapan bahwa siswa yang karakter nya berbeda beda dan tingkat kepandaiannya tidak sama merupakan suatu kekurangan  seingga beliau   kesulitan dalam meyampaikan materi dan  siswa tidak  mudah memahaminya. Dalam hal ini Bu Lilin seharusnya  memetakan  kemampuan awal, minat atau gaya belajar siswa sehingga menyebabkan  siswa kesulitan menerima pelajaran. Selain itu Bu Lilin tidak bisa mengelola emosinya dengan baik sehingga beliau mudah marah sehingga hal tersebut akan berpengaruh dengan kondisi kelas, misalnya kelas menjadi tidak nyaman dan tidak senang dengan pelajaran yang disampaikan Bu Lilin sehingga menyebabkan beliau menjadi bahan bulan bulanan di grup WA. Dan hal sangat disanyangkan kasus Bu Lilin sampai terdengar  guru di luar sekolah. Seharunya Bu Lilin menerapkan Pembelajaran Berdefernsiasi sosial  emosi sehingga bisa mengakomodir pembelajran sesuai dengan kebutuhan siswa

2. Hubungkan dengan segala aspek yang bisa didiskusikan dari materi modul ini, apa yang akan Anda lakukan apabila Anda sebagai Kepala Sekolah

Jika saya sebagai Kepala Sekolah maka saya akan melakukan komunikasi dengan Bu Lilin dengan berdiskusi  untuk menyadarkan Bu Lilin  akan potensi yang dimilikinya  dalam mengelola pembelajaran di kelas, menanamkan kondisi siswa yang heterogen juga merupakan aset bagi sekolah dan pembelajaran di kelas tidak harus fokus pada akademik saja sehingga bu Lilin perlu memperhatikan karakter siswa  sesuai dengan potensi, bakat dan  minat . Juga perlu mendorong Bu Lilin untuk menekankan kemandirian dalam menyelesaikan tantangan dengan potensi dan kekuatan yang dimiliki, selain itu saya akan menyarankan untuk merencakan kegiatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif sesuai dengan karakteristik siswa. Dan untuk masalah dengan Siswa dan Walimurid saya akan melakukan mediasi bersama dengan Bu Lilin, kita akan duduk bersama untuk menyelesaikan permasalahan yang sudah terjadi agar di kemudian hari tidak terjadi hal yang sama

KASUS 2

1. Bagaimana pendapat Anda mengenai sikap Pupur?

Menurut Saya, Pak Pupur seharusnya dapat menerima dan bersyukur sekali bisa direkomendasikan oleh Kepala Sekolah dengan semua potensi yang dimilikinya, dan Pak Pupur merupakan Sumber daya yang berkualitas yang menjadi aset  terhadap  perbaikan  kehidupan pada komunitas, dengan kekuatan yang dimilikinya Pak Pupur  bisa lulus menjadi pengawas sekolah dan bisa menjadi teladan bagi guru yang lain. Dan Pak Pupur tidak perlu bersedih karena dengan mengikuti seleksi pengawas sekolah akan menunjukkan bahwa  Pak Pur layak mendapatkan penghargaan dan dicintai siswanya

2. Apabila Anda sebagai Kepala Sekolah, apa yang bisa Anda lakukan?

Saya akan memberikan pemahaman kepada Pak Pupur untuk fokus pada aset yang dimilikinya dan meyakinkanya bahwa beliau layak untuk jadi pengawas sekolah, mendorong dan menekankan untuk menyelesaikan setiap tantangan  dengan potensi dan kekuatan yang ada dalam dirinya  dalam menjalankan tugasya.  sehingga nantinya akan membawa perubahan yang positif pada ekosistem dan mutu pendidikan untuk bisa lebih baik. Dan sebagai seorang kepala sekolah yang bijak akan selalu memandang bukan hanya dari satu sisi saja, melainkan dari segala sudut pandang yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar