Jumat, 20 Mei 2022

3.2.a.6. Refleksi Terbimbing - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya


 

3.2.a.6. Refleksi Terbimbing - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Question #1

1

Response is required
Response is required

hal yang palimh menarik dari hasil pemetaan tentang sumber daya didaerah untuk sekolah saya yaitu banyak hal yang saya pahami  dalam sumber daya yang dimiliki  daerah saya baik aset  atau modal  yang ada, karena selama ini saya tidak melihat secara detail yang saya pandang hanya kekurangannya saja, bukan melihat kelebihannya. Memaksimalkan kelebihan aset atau modal di wilayah merupakan kekuatan untuk mendorong semangat untuk melakukan hal hal yang baik dalam meningkatkan pendidikan di sekolah saya. Dan saat saya melihat pendekatan berbasis aset menjadikan aset atau  modal menjadi sangat kompleks hal ini sangat praktis untuk menemukan dan menggali hal yang positif di sekolah serta dapat menjadi kekuatan atau potensi yang dimiliki untuk kemajuan dipendidikan di sekolah kami. 

Question #2

2

Response is required
Response is required
Sebelum mempelajari modul ini saya tidak mengertahui materinya, jadi yang saya gunakan adalah dengan menggunakan pendekatan berbasis masalah, pola pandang saya adalah menggali kekurangan yang ada di sekolah tanpa melihat segi kekuatannya. Pada setiap pemecahan masalah yang dilihat hanya kekurangannya saja, hal yang kurang baik akan kita perbaiki. 


Question #3

3

Response is required
Response is required

banyak perubahan yang saya rasakan selama mempelajari modul  ini, salah satunya adalah pola pandang saya dalam memecahkan masalah yang selama ini berpadangan dengan berbasis masalah saja hal ini mengubah cara padang saya   dengan memandang segala  sesuatu dari kekuatan atau kelebihannya. Atau aset apa yang ada yang dapat digunakan secara maksimal untuk mengorganisir kompetensi dan sumber daya yang dimiliki sekolah, semua berubah dengan adanya pola pikir yang senantiasa untuk memajukan sumber daya modal yang dimiliki. Dan yang kedua adalah jika dulu kita selalu menggali kekurangan maka saat ini kita bisa menggali kelebihan yang miliki sekolah, bagaimana cara memperbaikinya  dengan  segala upaya  yang telah dilakukan untuk memperbaikinya.

Question #4

4

Response is required
Response is required
untuk bisa terus berpikir dengan pendekatan berbasis aset maka saya akan  merencanakan pengelolaan berbasis aset dalam  melaksanakan aksi yang akan saya lakukan misalnya saja dalam program kegiatan di sekolah  menetukan visi dan misi sekolah, menggali hal hal yang positif dan potensi yang ada, serta berusaha untuk konsisten dan berkelanjutan dalam melakukan pembaharuan dan pengembangan kepemimpinan kata kuncinya adalah pola berpikir kita  yang harus diubah dan yang lainnya pasti akan bisa mengikuti secara kontinu
Question #5

5

Response is required
Response is required


KEKUATAN 

Selalu berpikir positif dan memandang segala segala sesuatu dari sisi kekuatan serta memaksimalkan aset/kekuatan/potensi yang ada di daerah kita sebagai sumber kekuatan sekolah. Dengan berpikir tentang kekuatan maka energi positif akan muncul dalam meningkatkan setiap potensi aset

Tidak ada komentar:

Posting Komentar